Sabtu, 08 Maret 2014

Beberapa Catatan atas Puisi-puisi Indonesia Modern



Puisi Indonesia adalah suatu bentuk puisi yang baru yang sebelumnya tidak diketahui dalam tradisi puisi Indonesia asli. Sebagaimana dengan Kesusastraan Indonesia Modern. Puisi Indonesia Modern juga merupakan bentuk sastra hasil persentuhan dengan tradisi sastra asing, terutama Kesusastraan Barat. Di dalam sastra Kesusastraan itu tidak hanya terbatas menghasilkan perubahan-perubahan dalam struktur, tapi juga dalam tema, sikap, dan visi kepengarangan. Perubahan-perubahan dan gejala-gejala yang terlihat di dalam struktur dapat menjelaskan dan dijelaskan melalui proses perubahan dalam tema, sikap, dan visi kepengarangan.
Perkembangan Puisi Indonesia Modern pada hakikatnya merupakan gambaran dari perkembangan manusia Indonesia Modern. Awal abad keduapuluh sebagaimana juga masa mula Indonesia Modern, juga adalah era baru dari perkembangan manusia Indonesia yang baru. Manusia dan masyarakat yang berasal dari berbagai struktur secara perlahan tapi pasti mulai keluar dan melepaskan diri dari langit tempurung sub-kulturnya masing-masing untuk kemudian mencari dan masuk ke dalam kultur yang baru, yang bernama Kebudayaan Indonesia.

Proses perubahan dan perkembangan itu dengan jelas bisa terlihat dalam bagaimana perkembangan penghayatan penyair terhadap kemerdekaan. Oleh kepekaan penyair terhadap permasalahan agaknya juga akan merupakan gambaran dari perkembangan penghayatan terhadap kemerdekaan itu.
Kemerdekaan adalah sesuatu yang esensial dan fundamental dalam setiap proses penciptaan. Ia tidak hanya terlihat di dalam tema, sikap, dan visi kepengarangan, tapi juga sekaligus menentukan bagaimana struktur dibangun. Di dalam puisi salah satu unsur struktur yang penting adalah unsur musikalitas. Unsur musikalitas berperan membentuk dan membangun suasana di dalam sebuah puisi tidak terbatas pada dan oleh kemerduan bunyi saja, tapi juga suasana itu dapat dibentuk dan dibangun melalui makna. Dengan demikian, sesungguhnya unsur musikalitas di dalam sebuah puisi menyangkut keseluruhan struktur puisi tersebut. Ia juga dapat membentuk dan membangun imaji-imaji.
Puisi Indonesia Modern, secara umum, juga memperlihatkan hal yang demikian. Terlihat suatu hubungan yang menarik antara bagaimana para penyiar membangun dan membentuk unsur-unsur musik di dalam puisi-puisi mereka dengan bagaimana penghayatan terhadap kemerdekaan. Akan terlihat bahwa perkembangan unsur musik di dalam sejarah Puisi Indonesia Modern merupakan gambaran dari perkembangan penghayatan terhadap kemerdekaan.
Perkembangan di dalam puisi-puisi Indonesia Modern ternyata juga merupakan gambaran dari sejarah manusia Indonesia (modern). Sejarah dari perkembangan sikap dan penghayatan sikap dan penghayatannya terhadap kemerdekaan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.